OLEH : Ustadz Aprianif Lc.MA.
Hari/Tanggal : Rabu, 18 Agustus 2021

 

Dalam kalender Islam, ada empat bulan yang disebut bulan haram (al asyhurul hurum) yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Saat memasuki bulan haram tersebut maka dilarang berperang dan melakukan kedzaliman.

KEUTAMAAN BULAN MUHARAM
Bulan muharam ialah bulan yang istimewa setelah bulan Ramadhan. Syehk hasan al basri mengatakan dalam kitab nya dulunya Muharam disebut Syahrullah Al Asham (bulan yang sunyi) karena begitu mulianya bulan ini. Di bulan ini pula Allah meletakan kejadian-kejadian besar dan menerima taubat-taubat para nabi. Bulan ini dapat dijadikan jalan untuk mendapat pahala kebaikan melalui perbuatan yang bernilai shalih. Setiap amal shalih akan dilipatgandakan ganjarannya, begitu pula jika melakukan kemaksiatan.

IBADAH YANG DIANJURKAN
-Puasa
Nabi shallallahu alaihi wasallah bersabda
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ
Artinya: “Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada Bulan Allah (Syahrullah) Muharram.
Amalan yang bisa dikerjakan adalah memperbanyak puasa di bulan Muharam. Secara khusus, ada amalan yang ada di bulan ini yaitu puasa hari Asyura yang dilaksanakan pada 10 Muharam. Keutamaan melaksanakan puasa Asyura akan diampuni dosa setahun lalu.

-Taubat dengan memperbanyak istighfar

Doa Nabi Adam
ربنا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِن ٱلْخَٰسِرِينَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.”
Doa tersebut sering di baca oleh nabi Adam ketika telah diusir dari syurga dan di bulan muharam Allah mengampuni dosa nabi Adam.

-Berbuat baik terutama kepada anak yatim dan keluarga
QS An-Nisa: 36

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”

-Hijrah
Rasulullah SAW pertama kali hijrah ke Madinah di bulan Muharram. Sehingga bulan ini dijadikan sebagai awal penanggalan tahun Hijriyah dalam Islam.

POINT
Cara untuk mengajak seseorang berubah /hijrah :

1. Dengan perkataan yang baik
2. Berbaur dengan mereka tetapi mereka yang terpengaruh oleh ajakan kita
3. Ajak dengan diawali dari yang lebih mudah.

_QUOTES_OF THE DAY
kama qola ustadz aprianif Lc. MA
“Kalau kita tidak pernah mempersiapkan dan tidak juga memperluas landasan pacu nya diri, maka Allah tidak akan memberikan karunia-Nya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *