Selama ini hasil karya penelitian ilmiah baik dari dosen maupun mahasiswa di Perguruan Tinggi (PT) baik Negeri maupun Swasta di Indonesia yang masih belum terakomodir dan masih terkumpul dalam jurnal manual harus segera diubah. Jurnal yang dimiliki setiap Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia harus diganti dari jurnal manual menjadi jurnal elektronik atau biasa disebut dengan ‘E-Journal’. Hal ini menjadi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah pada suatu Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia.

Dengan adanya kesadaran akan manfaat dari penggunaan E-Journal yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah pada suatu Perguruan Tinggi, maka sejak tahun 2018 STIT Islamic Village Tangerang membuat E-Jurnal ( dapat diakses melalui: http://www.e-journal.stit-islamic-village.ac.id/ ) sebagai media publikasi secara eltronik untuk jurnal yang selama ini hanya diterbitkan dalam versi cetak. Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam namanya, telah ada sebagai media publikasi karya ilmiah dosen STIT Islamic Village khususnya sejak tahun 2011.

Dengan adanya beberapa usulan dan masukan untamanya dari stakeholder mengenai perlunya pengembangan jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh STIT Islamic Village Tangerang baik dari sisi kuantitasnya maupun kualitasnya. Untuk itu pada akhir Maret 2020 STIT Islamic Village meluncurkan Jurnal baru yang diberi nama JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study sebagai jurnal program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang setiap tahunnya terbit 2 kali dibulan Maret dan September.

Pada awal April 2020 STIT Islamic Village Tangerang kembali meluncurkan Jurnal baru yang diinisiasi oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan nama JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research yang telah terbit perdana Vol. 1 Nomor 1 April 2020 dan akan kembali terbit untuk Vol. 1 Nomor 2 di bulan Oktober.

Sehingga saat ini STIT Islamic Village Tangerang telah memiliki 3 jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang berkerjasama dengan Program Studi PAI dan Program Studi PIAUD. Ketiga jurnal tersebut adalah Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, dan JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research. Dengan hadirnya jurnal-jurnal tersebut diharapkan menjadi stimulus untuk dosen-dosen meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah hasil penelitiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *